Wednesday, October 19, 2011

Oraganisasi PPK SUBUD.



PERKUMPULAN PERSAUDARAAN KEJIWAAN (PPK)
SUSILA-BUDHI-DHARMA (SUBUD).

PENDAHULUAN.

        Keterangan singkat tentang SUBUD ini di angkat dari suatu sinopsis yang di buat atas permintaan Direktur Pembina Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (talah terdaftar) dan di susun sesuai dengan arahan seperti tercantum sebagian Garis Besar Materi Pemaparan Budaya Spiritual yang meruapakn lampiran dari surat tertanggal 03 Mei 1988 nomor 159/F.6/E.2/1988 kepada Pengurus PPK Subud Indonesia.

1. PENGERTIAN UMUM.

a. Tinjauan Sejarah Kelahiran.

         Pendiri dari perkumpulan Persaudaraan Kejiwaan Subud ialah Bapak Muhammad Subuh Sumohadiwidjojo yang lahir pada tanggal 12 Robiul Awal 1313 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 22 Juni 1901 Masehi, dan wafat tanggal 28 Juni 1987 di Jakarta dalam usia 86 tahun. Latihan Kejiwaan Subud di terima oleh Bapak Muhammad Subuh dalah suatu pengalaman ghaib pada suatu malam di tahun 1925, dan delapan tahun kemudian pada tahun 1933 Bapak Muhammad Subuh menamakan apa yang di terimanya ini sebagai LATIHAN KEJIWAAN. Subud sebagai Oraganisasi resmi berdiri tanggal 01 Pebruari tahun 1947 di Yogyakarta.
          Subud mulai menyebar ke luar Negeri sejak 1954m di bawa oleh seoarng Inggris yang beragama Islam. Husen Rofe. Bapak Muhammad Subuh memulai lawatan ke luar negerinya tahun 1857, dan semasa hidupnya beliau telah berpuluh-puluh kali berkunjung ke berbagai negera di dunia. Subud pada waktu itu telah tersebar ke lebih dari 78 negara di dunia.

b. Pokok-pokok Pengertian Tentang Subud.

       Subud bukan semacam Agama, dan juga bukan bersifat pelajaran, tetapi adalah sifat Latihan Kejiwaan yang dibangkitkan oleh kekuasaan Tuah ke arah keyataan kejiwaan, terlepas dari pengaruh nafsu kehendak dan akal pikiran.
      Arti kata Susila Budhi Dharma yg di singkat menjadi SUBUD ialah : SUSILA artinya : budi pekerti manusia yang baik, dalam bahasa Arab sering di sebut Akhlak; BUDHI artinya : kekuatan diri peribadi yang ada pada diri manusia, dalam bahasa Arab di sebut Dinul; DHARMA artinya : penyerahan, ketawakalan, dan keiklasan terhadap Tuhan yang Maha Esa, dalam bahasa Arab di sebut Islam.

jadi SUBUD (Susila Budhi Dharma) dalam bahasa Arabnya adalah Akhlak Dinul Islam.

2. POLA DASAR PENGERTIAN.

a. Konsepsi tentang Ketuhanan Yang Maha Esa.

      Pemahaman dan pengertian Subud tentang Ketuhanan yang Maha Esa adalah bahwa Tuhan dengan Kekuasaan-Nya mencakup seluruh ciptaan-Nya, baik yang terpandang mau pun yang tidak nampak.

b. Konsepsi tentang Manusia.

       Manusia adalah makhluk Tuhan yang keberadaannya dikehendaki oleh-Nya dan diliputi oleh kekuasaan-Nya. Kekuasaan Tuhan sudah berada di dalam dirinya mengisi serta meliputi diri manusia. Manusia hanya tinggal menyerah saja kepada kekuasaan Tuhan yang ada pada dirinya ini dengan sabar, tawakal dan ikhlas.

c. Konsepsi tentang Alam Semesta.

     Tuhan Yang Maha Esa menciptakan Alam Semesta dan kekuasaan Tuhan meliputi seluruh ciptaan-Nya. Hal ini pun sesuai dengan apa yang telah di terima dan disampaikan oleh para Utusan Tuhan.

d. Konsepsi tentang Kesempurnaan.

    Tiada yang sempurna kecuali Tuhan Yang Maha Kuasa. Semua ciptaan Tuhan baik yang kelihatan mau pun yang tidak, berada dalam berbagai kesempurnaan diri yang hanya di ketahui oleh Tuhan Yang Maha Mengetahui saja. Manusia tidak perlu menanyakan tentang kesempurnaan dirinya karena yang di terimanya adalah yang sesuai dengan keadaan dirinya pada suatu waktu tertentu dalam hidupnya. Yang perlu bagi Manusia adalah menyerah sepenuhnya kepada kekuasaan-Nya agar ia menjadi orang yang sempurna yang sesuai dengan kodrat yang ditentukan Tuhan bagi dirinya.

No comments:

Post a Comment